Donasi Rendang Sumbar Hasil Produk UMKM di Kota Padang

Diskominfo

12 Kali Dilihat

11

Okt
2018

Diskominfo

11 Oktober 2018

12 Kali Dilihat

Donasi Rendang Sumbar Hasil Produk UMKM di Kota Padang

Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) telah menyerahkan bantuan rendang sebanyak 1,6 ton untuk warga korban bencana gempa dan tsumani Provinsi Sulewesi Tengah (Sulteng) pada Rabu (10/10).

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemprov Sumbar dipastikan ikut menyumbang rendang. Selain itu, sejumlah perusahaan perbankan daerah, hingga kelompok masyarakat turut memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, sebagian besar bantuan rendang berasal dari pembelian OPD, kelompok masyarakat dari produk UMKM di Kota Padang. Sedikitnya, tercatat 16 kuliner koperasi yang menjadi sumber bantuan rendang.

Masing-masing, randang asese, randang Ikaboga, randang Siti Nurbaya, randang Ciani, randang Bufe, randang Anduang, randang Puyi, randang Mak Aji, randang JMK, randang Finna, randang Raden, randang Mizza Food, randang Inyiak, randang Ani, dan randang Tiga Saudara.

"Mayoritas bantuan rendang dibeli di UKMM tersebut. OPD yang menyumbang sekitar 20 sampai 30 kilogram dipastikan dibeli di masing-masing UMKM itu. Tapi, kita tidak tau juga kelompok masyarakat yang belinya di tempat lain," kata Jasman Rizal, Kamis (11/10).

Jasman mengatakan, pilihan membeli rendang di UMKM tak lain untuk menjamin kualitas rendang yang sampai ke tangan korban bencana betul-betul terjaga dan berkualitas. Sehingga, para pengungsi tidak kecewa saat menikmati makanan terenak di dunia itu.

"Secara tidak langsung juga membantu geliat usaha rendang semua pelaku UMKM. Bahkan, mereka (pedagang rendang) juga kasih diskon untuk bencana," katanya.

Selain rendang, Pemprov juga telah menyediakan donasi uang sebesar Rp1 miliar. Masing-masing, Rp500 juta dari Pemprov dan Rp500 lagi bersumber dari BAZNAS Sumbar. (McPadang/IntanSati)

Pengunjung : 1 2 1 8 2 6 1

Hari Ini : 105

Bulan Lalu : 12220