Ada Kampung Tertib Lalulintas di Padang

Charlie

59 Kali Dilihat

11

Nov
2018

Charlie

11 November 2018

59 Kali Dilihat

Ada Kampung Tertib Lalulintas di Padang
Siang sudah tergelincir. Menjelang sore itu, sejumlah kendaraan terlihat melintasi ruas jalan di suatu kompleks perumahan. Pengendara sepeda motor menjalankan kendaraan dengan pelan. 
 
"Warga di sini santun berkendara," sebut Madi, seorang warga dari perumahan sebelah.  
 
Benar saja.  Warga Perumahan Mawar Putih,  Korong Gadang, Kuranji, Padang memang dikenal patuh berkendara. Setiap ingin membawa sepeda motor ke luar kompleks, warga mengenakan helm.  Tidak bisa tidak.  
 
"Kapalo ko lunak dari aspal (kepala lunak dibanding aspal)," ujar Dian, warga kompleks tersebut.  
 
Kompleks Perumahan Mawar Putih telah menjadi kampung percontohan tertib lalulintas. Satuan Lantas Polresta Padang menunjuk daerah ini sebagai kampung percontohan karena berbagai alasan.  
 
"Korong Gadang sengaja dipilih sebab dinilai cukup representatif sebagai Kampung tertib Lantas,” kata Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Asril.  
 
Asril Prasetya mengatakan, Kampung Tertib Lantas merupakan program dari Korlantas Mabes Polri dan pelaksanaannya dilakukan di seluruh Indonesia. Dalam proses mewujudkan Kampung tertib lantas, pihaknya tak sendirian dan menggandeng beberapa Kecamatan di Padang. 
 
“Program Kampung tertib lantas bermaksud mengubah perilaku pengguna kendaraan bermotor khususnya di tingkat Kelurahan," bebernya.  
 
Keberadaan kampung tertib lalulintas ini diyakini akan mampu mengedukasi warga lain.  Terutama dalam hal keselamatan berkendara.  
 
"Harapan kita tentunya masyarakat dapat turut serta dan berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada siapa pun," ungkap Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Padang Iptu Ali Absar.  
 
Menurutnya, untuk memicu peran aktif masyarakat, pihaknya telah mengadakan kegiatan safety riding kepada ibu-ibu PKK di sana guna meningkatkan kompetensi dalam hal berkendara di jalan raya.
 
“Memang yang jadi sasaran sengaja ibu-ibu karena mereka yang paling dekat dengan anak-anak, sehingga kedepannya bisa memberi edukasi terhadap anak-anaknya tentang cara aman berkendara yang berkeselamatan,” tambahnya.
 
Camat Kuranji, Rachmadenny Dwi Putri mendukung keberadaan program kampung tertib lalulintas di daerahnya. Menurutnya hal ini dirasa wajar karena warga Kompleks Mawar Putih terbilang kompak.  Selain itu juga memiliki partisipasi yang tinggi terhadap program pemerintah. Apalagi warga di perumahan tersebut umumnya berlatar belakang birokrat senior.  Sehingga kegiatan kemasyarakatan selalu didukung warga sekitar.(Charlie Ch. Legi)