Bios 44 Dari TNI Gratis Untuk Petani

Wan Rais

112 Kali Dilihat

24

Apr
2019

Wan Rais

24 April 2019

112 Kali Dilihat

Bios 44 Dari TNI  Gratis Untuk Petani

Bios 44 Dari TNI  Gratis Untuk Petani

Padang--Komandan Kodim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha didampingi anggota Kodim 0406 Musirawas, Sertu Adi Santoso mengatakan, kini ada  Bios 44, cairan  yang mampu membuat tanah menjadi subur.  Salah satu keunggulannya adalah  mengatur PH tanah melaui proses pengembangan, dan memiliki fungsi menjaga struktur tanah. Bios 44 masih digratiskan untuk masyarakat petani. Bagi kelompok tani yang berminat untuk menyuburkan tanaman pertanian, peternakan, perikanan, serta meningkatkan produksinya  bisa menghubungi Koramil atau Babinsa daerah masing-masing.

Letkol Czi Rielman Yudha di media center Pemko Padang, Rabu (24/4) juga menyampaikan, Bios 44   bisa pula untuk mengurai tanah tandus menjadi  lahan pertanian yang subur. Bahannya permentasi yang bisa mempercepat proses pembusukan materi organik lahan, sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi normal. Bahkan kini telah banyak daerah lain memanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perikanannya.

“Bios 44 ini,  tidak merusak tanah karena terbuat dari bahan bahan alam. Dengan memanfaatkan para petani  panen menjadi lebih  berhasil,  dan kesuburan tanah  terjaga, hama tanaman menjadi berkurang," ucap Rielman Yudha

Kata Dangdim Rielman,  awalnya memang,  Bios 44 berguna untuk mencegah kebakaran pada lahan yang mudah terbakar terutama lahan gambut. Sekarang digunakan untuk  meningkatkan produksi pertanian masyarakat serta  membudi dayakan perikanan dan penyubur tanah.

“Peternak sapi menggunakannya  untuk ternak sapinya, maka sapi yang mengkonsumsinya langsung memiliki nafsu makan  yang lahab dan sehat. Dibidang perikanan. Ikan yang diberi pakan yang dicampur dengan bios 44, pertumbuhan badan ikan cepat besar  dan gesit,”sebut Rielman Yudha  yang juga mantan Mantan Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyon Zipur) 1/Dhira Dharma, Kodam I/Bukit Barisan itu.

Sejalan dengan itu,  anggota Kodim 0406 Musirawas, Sertu Adi Santoso mengatakan, Bios 44 ini bukan kompetitor bagi produk lainnya, tetapi merupakan teknologi baru. Sebab kini, salah satu tugas TNI adalah membantu pemerintah untuk mewujudkan cita-cita pemerintah untuk swasembada pangan."Karena itu, kami memberikan pendampingan kepada petani. Tidak mungkin hanya dengan berbicara, Bios 44 ini merupakan sarana kontak dari TNI kepada masyarakat," katanya.# Irwandi Rais