Kadis Kominfo Rudy Rinaldy, e-Kelurahan akan Diluncurkan

Wan Rais

24 Kali Dilihat

16

Jan
2020

Wan Rais

16 Januari 2020

24 Kali Dilihat

Kadis Kominfo Rudy Rinaldy, e-Kelurahan akan Diluncurkan

Kadis Kominfo Rudy Rinaldy, e-Kelurahan akan Diluncurkan

PADANG—“Sebenarnya kita sudah saling kenal, sebab sebelumnya saya telah menjabat beberapa SKPD, dan kini dipercayakan pimpinan menjadi Kepala Dinas  Kominfo Kota Padang. Namun  menjalin silaturahim itu penting, bahkan  selalu ditekankan dalam agama Islam. Dengan silaturahim, rasa persaudaraan dan saling memiliki, mendukung, bekerja sama akan terbangun dengan baik,” Demikian  Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldy mengawali pemaparannya pada kegiatan desiminasi informasi public di media center pada awal tahun 2020, Rabu (15/1/2020).

 Kadis Kominfo Rudy yang juga didampingi Sekretaris Tarmizi Ismail, Kabid IKPSP Marwansyah, Kabid INTI Romy Elfa Segas dan Kabid SISFO Windra Dedy mengatakan,  kepada wartawan di Media Center, bagaimana berkomunikasi yang lebih baik, menyampaikan isu isu actual   yang lebih transparan, update, data yang valid, dengan cara yang bisa diterima semua orang.

Kata Rudy,  ada beberapa hal yang dianggap penting dilaksanakan pada tahun ini, pertama peningkatan kinerja, kualitas informasi public untuk masyarakat, supaya lebih tahu apa yang sedang, telah dan akan dilaksanakan. Sehubungan dengan itu untuk  memudahkan warga mengurus dokumen kependudukan, maka tidak perlu warga  harus  datang ke kantor lurah lagi.

Disediakan  aplikasi e-kelurahan yang akan diluncurkan  29 Januari 2020 mendatang. Peluncuran e-kelurahan bekerja sama dengan Bagian Pemerintahan, Asisten I, camat dan lurah.  E kelurahan  melayani 12 jenis pengurusan dokumen.,  sebut Rudy yang juga mantan Kadishub Kota Padang itu.

Jadi sebut Rudy, 12 jenis pelayanan memanfaatkan aplikasi e-kelurahan  yakni surat pengantar menikah terdiri atas tiga jenis, surat keterangan tidak mampu perorangan, surat keterangan tidak mampu keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili usaha, surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan kematian, keterangan ahli waris dan keterangan kehilangan.

Pada tahap awal baru bisa melayani 12 jenis surat dan nanti dikembangkan lagi. Tujuannya menyuguhkan kemudahan dalam berurusan ke kantor kelurahan bagi warga kota tercinta ini. Hal ini  upaya padang menuju Smart City, maka warga yang mengurus berbagai persuratan  cukup menggunakan telepon pintar.  Warga datang ke kantor lurah hanya menjemput surat yang diurusnya, jika sudah selesai.# Irwan Rais