Kota Padang Butuh Pengamanan Informasi

Wan Rais

101 Kali Dilihat

24

Apr
2019

Wan Rais

24 April 2019

101 Kali Dilihat

Kota Padang  Butuh Pengamanan Informasi

Kota Padang  Butuh Pengamanan Informasi

Padang, -- Kadis Kominfo Kota Padang  Suardi, SH. M.Hum membuka Asistensi Cyber Security Drill Test (Simulasi Penelusuran Keamanan) “Kita Bangun Kesadaran Respon Insiden “di lingkungan Pemko Padang di ruang CAT  Blaikota, Kamis (25/4).

Peserta 16 orang utusan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang agar mengikuti  kegiatan Asistensi Cyber Security Drill  dengan baik. Kegiatan ini penting untuk pemerintah Kota Padang. Kegiatan ini adalah perwujudan dari responsivitas Pemko Padang tehadap tuntutan perubahan lingkungan untuk tata kelola pemerintahan yang semakin baik, sebut Kadis Kominfo Suardi.

Kemudian informasi merupakan asset penting bagi suatu organisasi. Dan setiap organisasi memiliki informasi kritis atau sensitif atau rahasia yang menjadikan salah satu sumber  daya strategeis  bagi kelangsungan hidup organisasi. Oleh karena itu, perlindungan terhadap informasi tersebut dari berbagai jenis ancaman  yang dapat menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian organisasi. Hal ini mutlak diperhatikan  baik segenap jajaran pemilik, manajemen, maupun personil organisasi yang bersangkutan, kata Suardi.

Sehubungan dengan itu, Pemko Padang telah memanfaatkan teknologi informasi  dan komunikasi melalui pembangunan  aplikasi-aplikasi dan portal yang bermuara pada dukungan  pelayanan publik serta keterbukaan informasi publik. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka Pemko Padang  menyadari perlu ada manajemen pengamanan  sistem informasi. Karena keamanan informasi pada era TIK sangat penting. Ketentraman informasi exchange  environment (IEE)  telah meningkat  sebagai ancaman menjadi lebih luas. Maka dari itu keamanan  informasi telah menjadi  hal mendasar khususnya pada Pemko Padang.

Sedangkan Kabid IKPSP Diskominfo Swesti Fanloni menyampaikan, serangan siber terhadap informasi, website  Pemko Padang  masih terus terjadi. Beberapa kali pada website perangkat daerah dan satu aplikasi pernah diretas. Dan hal itu bisa dilihat pada log analyzer  yang menyajikan  informasi  jumlah serangan siber, dari IP adrdres mana saja dan sebagainya.

Hal tersebut telah mengharuskan tindakan nyata, kelola persandian daerah/keamanan informasi yang lebih baik lagi. Selanjutnya kegiatan   Asistensi Cyber Security Drill Test     untuk meningkatkan wawasan  dan kemampuan aparatur dalam melakukan respon insiden keamanan siber dalam bentuk simulasi penanggulangan  dan pemulihan suatu insiden  siber.

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah membangun cara pandang dan rencana tindakan, pertama mendeteksi atau mengidentifikasi suatu insiden  siber. Memitigasi sebuah insiden siber. Memulihkan layanan yang terkena insiden siber. Kegiatan asistensi diikuti 16 pengelola web dan aplikasi di lingkungan Pemko Padang di ruang CAT Balaikota Padang. Narasumber, Kepala Subdit Penanggulangan dan Pemulihan  Pemerintah Daerah Wilayah I, Badan Siber dan Sandi Negara RI Sriyanto,S.Sos.MM. Arif Fachru Rozi, Aprita Danang Permana dan Ahmad  Arthur.# Irwandi Rais