Menciptakan Sekolah Sehat Butuh Kesungguhan Warga Sekolah

Wan Rais

21 Kali Dilihat

10

Okt
2019

Wan Rais

10 Oktober 2019

21 Kali Dilihat

Menciptakan Sekolah Sehat Butuh Kesungguhan Warga Sekolah

Ketua Tim II Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kota Padang Agustina, SH.MM dan rombongan disambut kepala SMAN 11 Bungus teluk Kabung, Kamis (10/10/2019)# Irwandi Rais

Menciptakan Sekolah Sehat Butuh Kesungguhan Warga Sekolah


Padang—Ketua Tim II Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kota Padang Agustina, SH. MM ungkapkan keluhan setelah menilai bersama rombongan empat sekolah di lingkungan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis (10/10/2019)


Keempat sekolah tersebut yakni, TK Seroja, SMAN 11, SDN 10, dan SPMN 36. Memang terasa sulit menciptakan sehat, sebab objek yang dinilai, dipantau boleh dikatakan semua aspek. Maka butuh kesungguhan semua warga sekolah mengusahakannya, bukan pimpinan sekolah saja, kata Agustina yang juga Kasubag Pendidikan Dan Budaya pada Bagian Kesra Pemko Padang, dihadapan para guru di SMAN 11 Bungus Teluk Kabung.


Menurut Tin Agustina, objek pantau, mulai dari ruang kepala sekolah, ruang guru, kelas, harus bersih dan tak berdebu. Kantin, tempat jajan siswa siswi harus bersih, yang dijual bergizi, penjual harus pula berpakaian rapi. Toilet harus bersih pula serta sebanding dengan jumlah siswa. Kran air bersih juga harus tersedia dan lingkungan sekolah harus pula bersih. Dan Jauh berbeda dengan lomba yang lainnya, termasuk Adiwiyata. Semua aspek telah disarankan kepada pihak sekolah yang dinilai.


Padahal gerakan menciptakan sekolah sehat telah dimulai sejak Tahun 1984 silam, namun belum mencapai maksimal. Pemerintah pusat untuk lebih memantapkan pembinaan UKS secara terpadu, diterbitkanlah Surat Keputusan Bersama (SKB 4 Menteri) antara Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.


Maka kata Agustina, untuk melihat keberhasilan pembinaan dan pengembangan UKS,akan tampak pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. Ini adalah dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan  pengembangan UKS. Karena UKS merupakan wadah dan program yang efisien untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat  kesehatan peserta didik.


Pada kesempatan tim ii penilai LSS Kota Padang didampingi Sekcam Bungus Teluk Kabung dan rombongannya# Irwandi Rais