Tahun 2020 Kota Padang Punya Sentra Industri Rendang

Diskominfo

8 Kali Dilihat

12

Sep
2018

Diskominfo

12 September 2018

8 Kali Dilihat

Tahun 2020 Kota Padang Punya Sentra Industri Rendang

Padang — Sejak dinobatkan sebagai kuliner terlezat di dunia, Rendang menjadi salah satu makanan yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Padang. Memanfaatkan momentum tersebut, Pemerintah kota Padang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian berencana mendirikan Sentra Industri rendang.

Dengan adanya sentra tersebut, diharapkan rendang menjadi pengungkit kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Padang.

“Rendang sebagai kuliner terlezat didunia adalah bentuk pengakuan dunia. Untuk itu kita harus mengambil momen ini, terlebih brand yang melekat pada Padang sangat kuat. Untuk itu kita rencanakan rendang juga akan menjadi wisata industri, dimana wisatawan selain membeli sebagai oleh-oleh namun juga bisa melihat proses pengolahan bahkan ikut serta dalam pembuatan,” ungkap Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang, Desemberius saat desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (12/9).

Pemko Padang telah menyiapkan lokasi dan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sentra rendang tersebut. Selain itu, pihaknya telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha dan pihak terkait dalam menyusun apa saja yang menjadi standar yang diterapkan agar nantinya rendang yang dihasilkan di sentra rendang bisa diterima pasar global.

“Selain rasa yang enak, standarisasi makanan itu adalah kebersihan, dan komposisinya, karena untuk menembus dan diterima pasar luar, makanan ini diseleksi cukup ketat, dari bahan-bahan yang bermutu (baik), pengolahan yang higenis serta pengemasan yang baik dan menarik,” jelasnya.

Pembangunan Sentra Rendang ini diperkirakan rampung pada tahun 2020 dan berlokasi di kawasan Koto Tangah, Padang. Nantinya akan ada sekitar 10 UMKM yang menghuni dan memproduksi produknya disana. “Kita akan seleksi UMKM yang ada dan yang sesuai standar akan pilih, kita cukup ketat untuk hal ini. Disana juga akan ada tempat workshop, serta kita juga akan menjalin kerjasama dengan sejumlah e-commers untuk bidang pemasaran,” jelasnya. (McPadang/Putra)

Pengunjung : 5 1 3 1 1 2 5

Hari Ini : 245

Bulan Lalu : 22622